AKPAR MANDALA BHAKTI SURAKARTA KEMBALI MENDAMPINGI DESA WISATA LEMBAH DONGDE

AKPAR MANDALA BHAKTI SURAKARTA  KEMBALI MENDAMPINGI DESA WISATA LEMBAH DONGDE

                                                                                               

[Karanganyar, 13/02/2022] Dosen AKPAR Mandala Bhakti Surakarta kembali dipercaya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) tahun 2022 untuk mendampingi Desa Wisata Lembah Dongde (WLD) Mojogedang, Karangnyar mulai tanggal 13 s.d 27 Februari 2022. Pendampingan yang seyogyanya diselenggarakan di tahun 2021, terpaksa diundur dikarenakan kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan.
Minggu, 13 Februari 2022 beberapa Dosen, perwakilan LPPM, serta mahasiswa turut serta hadir dalam kegiatan koordinasi dan survey dengan jajaran pemerintah Desa, POKDARWIS WLD, perwakilan pengelola pasar ciplukan dan pengelola homestay bertempat di pendopo Pasar Ciplukan. Sebelum diskusi berlangsung, tim pendamping dari AKPAR Mandala Bhakti Surakarta melakukan survey dan wawancara dengan para pedangang di pasar ciplukan serta membeli beberapa makanan dan minuman yang dijual di pasar tersebut, untuk di evaluasi baik rasa maupun packagingnya.
                                                   
Acara diskusi dibuka oleh PIC pendamping pasar ciplukan yaitu Ibu Tri Wahyuningsih, SE., MM dan koordinator pendamping Desa Wisata Ibu Septi Wulandari, S.Si., M.Pd, selanjutnya dari pihak desa diwakilkan oleh kepala Desa Gentungan Bapak Suwito. Topik utama dalam diskusi tentang Peningkatan SDM dalam Pengelolaan Pasar Ciplukan dan Homestay di WLD. Kedua program tersebut adalah program yang AKPAR Mandala Bhakti Surakarta angkat dalam pendampingan desa wisata di WLD tahun 2022.
Pendampingan Desa Wisata ini akan berlangsung selama 2 minggu dan beberapa dosen serta mahasiswa melakukan live in di homestay WLD. Hal ini dilakukan pihak pendamping merasa dekat dengan warga WLD, dan tujuan dari program-program yang telah disusun terealisasi dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Selama proses pendampingan tim dari AKPAR Mandala Bhakti Surakarta dan pihak desa melakukan protokol kesehatan dengan ketat agar menghindari dan meminimalisir COVID-19.
Harapannya dengan pendampingan desa wisata ini, WLD akan mendunia benar-benar terwujud. Hal ini sesuai dengan tagline desa wisata tersebut yaitu WLD Mendunia.(Admin:Humas)
 
Category:  Berita

AKPARTA Mandala Bhakti

Jl. Ki Mangunsarkoro No. 20, Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia