DOSEN AKPAR MANDALA BHAKTI JADI NARASUMBER PELATIHAN PENGELOLAAN DESA WISATA OLEH DISPARPORA KARANGANYAR

DOSEN AKPAR MANDALA BHAKTI MENJADI NARASUMBER

PELATIHAN PENGELOLAAN DESA WISATA 

 

 

[Surakarta, 27/10/2021] Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi pengelola desa wisata di Kabupaten Karanganyar, Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata selama 3 hari Selasa (27/10) s.d Kamis (29/10) bertempat di Hotel Indah Palace, Tawangmangu, Karanganyar. Pelatihan ini diikuti sekitar 40 POKDARWIS se-Karanganyar.
Ibu Tri Wahyuningsih, S.E., MM selaku Dosen AKPAR Mandala Bhakti Surakarta yang merupakan ketua koordinator dalam pendampingan Desa Wisata mendapat kesempatan untuk menjadi Narasumber di hari pertama pelatihan. Ibu Yuni sapaan akrabnya, memaparkan pentingnya kesadaran masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata. Lanjut dalam pemaparannya, Ibu Yuni juga mengingatkan tentang peran kelembagaan baik POKDARWIS maupun Bumdes. POKDARWIS dan Bumdes seharusnya berjalan seiringan. Jika hal itu terjadi, maka Desa Wisata dapat terus berkembang dan maju.
Dalam sesi tanya jawab, terdapat 2 penanya yaitu perwakilan dari Desa Wisata Cetho dan Desa Wisata Plesungan. Para penanya mengajukan pertanyaan atau permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan Desa Wisatanya. Dilanjutkan pemberian doorprize bagi 3 peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber.
 
      

Sebelum acara ditutup, Ketua POKDARWIS Sumberbulu Bapak Sunarso, yang ikut hadir dalam pelatihan tersebut menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada AKPAR Mandala Bhakti Surakarta yang telah mendampingi Desa Wisata Sumberbulu hingga berhasil menjadi juara 1 tingkat Nasional pada tahun 2019. Dalam kesimpulannya moderator menyampaikan kembali bahwa dalam pengelolaan Desa Wisata tidak perlu melibatkan banyak orang, akan tetapi masyarakat tetap dilibatkan. [by Admin Humas]

Category:  Berita

AKPARTA Mandala Bhakti

Jl. Ki Mangunsarkoro No. 20, Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia