MONEV DI DESA WISATA LEMBAH DONGDE, TEAM KEMENPAREKRAF BAKAL LIVE IN LAGI

MONEV DI DESA WISATA LEMBAH DONGDE, TEAM KEMENPAREKRAF BAKAL LIVE IN LAGI
 
[Karanganyar, 1/3/2022] Team Kemenparekraf RI tiba di Desa Wisata Lembah Dongde pada tanggal 23-24 Februari 2022 dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pendampingan SDM Desa Wisata dengan perguruan tinggi pendamping yaitu Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta. Team Kemenparekraf tiba pada tanggal 23 Februari 2022 sekitar pukul 17.00 WIB. Team Kemenparekraf yaitu terdiri dari Denny Farabi, SE., MM; Tri Sulanjari, S.Sos; Wuryanti, S.Sos; dan Muhammad Baariq Arya melakukan monev dengan datang langsung di Desa Wisata Lembah Dongde dan melakukan live in di salah satu homestay yang ada di Desa Wisata Lembah Dongde yaitu Homestay Tapak Doro milik Ibu Endang.
Kegiatan Monev pada tanggal 24 Februari 2022 juga dihadiri oleh Ketua Bidang Sub Destinasi Pariwisata Disparpora Karanganyar Teguh, SH., MH beserta jajarannya, Ketua POKDARWIS Bapak Mulyono beserta jajarannya dan Kepala Desa Gentungan Bapak Suwito.
Kegiatan Monev diawali dengan mengunjungi pelatihan homestay di omah talipet. Acara dibuka oleh Bapak Denny Farabi selaku perwakilan dari Team Kemenparekraf, dilanjutkan oleh Bapak Lurah Suwito. Tidak lupa dalam kesempatan itu, perwakilan dari Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Ibu Septi Wulandari dan perwakilan dari Kemenparekraf Ibu Tri Sulanjari secara simbolik menyerahkan barang pendampingan kepada pihak perwakilan POKDARWIS dan diketahui oleh Bapak Lurah setempat, serta disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir dalam pelatihan homestay tersebut.
Selanjutnya team Kemenparekraf berpindah ke pendopo pasar ciplukan yang pada saat itu juga sedang melaksanakan pelatihan kreasi inovasi product dan packaging dengan 5 menu unggulan makanan kuliner djadoel yaitu Bolu Tiwul, Sate Kere, Sate Jamur, Nasi Babruk, dan Gethuk. Adapun yang menjadi motto di pasar ciplukan adalah “Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima”.
Kemudian Team Kemeparekraf mencicipi menu yang sudah disiapkan oleh peserta program pelatihan pasar ciplukan. Selang beberapa waktu kemudian rombongan team dari Dinas Pariwisata Olahraga dan Pemuda Karanganyar tiba ke lokasi pasar ciplukan. Terjadi diskusi bersama antara team kemenparekraf, team Disparopra, Pokdarwis, Akademi Pariwisata Mandala Bhakti, dan peserta pelatihan demi kemajuan pasar ciplukan selanjutnya.
Setelah dari Pasar Ciplukan team Kemenparekraf berkeliling melihat homestay yang ada di Desa Wisata Lembah Dongde yaitu homestay melatih, homestay sendang dan homestay durian indah. Team dari Kemenparekraf menilai homestay yang dikunjungi sudah baik sekali, hal ini membuat para pemilik homestay semakin bersemangat dan merasa antusias serta bahagia. Harapannya dengan adanya kedatangan team Kemenparekraf ini mampu memberikan saran agar homestay lembah dongde semakin maju, meskipun masih dalam nuansa pandemi. Protokol kesehatan juga sudah diterapkan salah satunya dengan adanya scan barcode peduli lindungi di sisi masuk gerbang pasar ciplukan dan adanya tempat cuci tangan di depan homestay Lembah Dongde. [By Admin LPPM]
Category:  Berita

AKPARTA Mandala Bhakti

Jl. Ki Mangunsarkoro No. 20, Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia