Berita

Pada kolom ini merupakan sajian berita informasi berbagai kegiatan civitas akademika baik di dalam maupun diluar kampus.
)

Sukoharjo,  Dikutip dari laman Suarajoglo.com – Sebanyak 7 Mahasiswa Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta dalam memenuhi tugas mata kuliah Public human relation mengenai Covid-19.mengadakan kegiatan  Dengan tema “Berbagi informasi kepada warga sekitar kita mengenai langkah memutus rantai penyebaran Covid-19” di desa Duwet Rt 01/Rw O7, Baki, Sukoharjo, Jumat (3/4/20). 

Susi Rahmawati salah satu tim mahasiswa AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta menjelaskan dengan kegiatan  tersebut tujuan kami agar mengurangi penyebaran virus Corona. Adapun Cara kami memberikan informasi salah satunya  dengan cara menempelkan poster di rumah-rumah warga berserta memberikan penjelasannya “informasi dalam poster tersebut  seperti bagaimana cara mengetahui tanda-tanda terjangkit virus corona, cara menjaga kesehatan dengan cara cuci tangan yang baik dan benar, pengertian dari himbauan pemerintah untuk dirumah saja ” jelas Susi

Susi Menambahkan,  kegiatan Kami ini memanfaatkan waktu kuliah online  dengan membagikan informasi mengenai perkembangan covid-19 kepada warga.

“Harapan kami dengan kegiatan memberikan informasi kepada warga sekitar kita agar memutus rantai penyebaran covid-19, Dengan di awali dari diri kita sendiri dan lingkungan sekitar kita untuk hidup sehat dan mematuhi himbauan dari pemerintah agar virus tersebut tidak menyebar lebih banyak dan bisa hilang.” tutup Susi

Sumber: kabarjoglo.com

Continue Reading
)
Banyak manfaatnya, kegiatan yang di buat mahasiswa AMBS (Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta) dengan ibu-ibu dawis dari Pundung Gede RT 06/09 Joglo, Banjarsari, Surakarta. Dengan mahasiswa dan ibu-ibu dawis berkolaborasi dalam membuat suatu kerajinan. Dalam rangka hari ibu pada tanggal 22 Desember 2019 mahasiswa AMBS membuat kerajinan dari kain flanel dengan melibatkan ibu-ibu dawis di Pundung Gede RT 06/09 Joglo, Banjarsari, Surakarta.

Beberapa mahasiswa AMBS memberikan contoh dan membantu bagaimana cara menggunting, melipat, menempel dan menjahit kain flanel hingga menjadi suatu kerajinan yang unik dan memiliki nilai jual. Semua ibu-ibu dawis sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dan di harapkan kegiatan tersebut dapat di kembangkan sebagai bekal berwirausaha.

Ibu-ibu dawis mengucapkan terima kasih. Mahasiswa AMBS mencoba memberikan masukan tentang bagaimana mereka akan menjual kerajinan yang sudah mereka buat. Ada usulan dari ibu dawis “dijual online saja sebagai souvenir pernikahan”. Mereka saling memberi usulan yang lainnya. Mahasiswa mencoba menengahi dan memberi pendapat yang lainnya “dijual online dan dijual langsung bisa bu, coba nanti di packing yang bagus dan dijual di tempat-tempat yang ramai pengunjung pasti bakal laris,” ungkap salah satu mahasiswa. Salah satu peserta Sartini (46) mengatakan, “kegiatan ini sangat banyak manfaatnya dari ibu-ibu dawis yang belum berpenghasilan dapat menghasilkan saya harap dari mahasiswa dapat melakukan hal yang lainnya agar dapat membuka lapangan pekerjaan yang luas,” ungkap ibu satu orang anak itu. (Shelly)
Continue Reading

 

PENGUMUMAN 

DAFTAR DOSEN PEMBIMBING TUGAS AKHIR

PROGDI D3 PERHOTELAN 

TAHUN AKADEMIK 2017/2018

 

NO

NAMA DOSEN

NAMA MAHASISWA

1.   Dra.Wahyu Ari Indriastuti,M.Par,M.Pd

  1. Anida Paramiswari Arvin Putri

  2. Imas Istianah Humairoh

2.   Ratih Puji Astuti,SE,MM

  1. Jesica Viani

  2. Khoirun Nisa

3.   Pontianus Kuswiyata,SE,M.Par

  1. Handini Nur Pratiwi

  2. Fahdilyyan Cahya Nugraha

4.   Surjo Sulistijo,SH,M.H

  1. Putri Maya Lestari

  2. Novian Aji Saputro

5.  Septi Wulandari,S.Si,M.Pd

  1. Dewi Puspita Sari

  2. Bangkit Satriyo Pamungkas

  3. Fajar Satrio Pamungkas

6.  Erna Wigati,S.Pd,M.Pd 

  1. Nunung Supriati

  2. Shelly Satriani Putri

  3. Lifta Miftakhul Jannah

7.  Setya Edi Pramana,S.ST,M.Si,M.M.Par

  1. Sabilla Citra Gadisya

  2. Lisa Dewi Nopitasari

8.  Arnes Anandita,S.Pd,MM

  1. Sundari Ayu Kusuma

  2. Nurrul Afriska Srijatiningsih

9.  Tri Wahyuningsih,SE,MM

  1. Kharir Khoirotunnisa

  2. Ayuandita Zona A.

 

 

 

Continue Reading
)

1. Tempat Kerja Yang Kondusif, Nyaman Dengan Berbagai Fasilitas Hotel Yang Memadai Dan Mewah Bisa Dinikmati Setiap Hari 

Ketika kamu bekerja di hotel, maka otomatis kamu bisa menikmati mewahnya fasilitas hotel setiap hari. Mulai dari suasana kenyamanan hotel, berbagai ruangan mewah, kolam renang, fitness center, restoran mewah, SPA dll. Termasuk juga kamar mandi yang wah, air panas, wastafel yang bersih, hingga sabun yang wangi.

 

2. Sumber Pendapatan Yang Tak Hanya Dari Gaji

Sumber pendapatan kamu saat bekerja disini nggak cuma dari gaji dan uang transport aja, tapi juga dari berbagai tip yang kemungkinan besar kamu dapat dari para pengunjung hotel. Apalagi kalau tip-nya dapet dari para bule yang menginap, dijamin gede tuh!

3. Nggak perlu cuci sendiri baju seragam kerja, semua udah tercover oleh laundry hotel

Bekerja di hotel tentu menuntutmu untuk tampil rapi dengan pakaian seragam. Tapi ternyata kamu nggak perlu cuci baju kerjamu sendiri lho, karena ada fasilitas laundry dari hotel untuk setiap baju karyawan. Jadi berangkat kerja nggak perlu rapi-rapi deh, tinggal dandan di kantor aja!

4. Kelas Bahasa Asing Gratis Dengan Para Bule

Hotel biasanya juga akan memberikan kelas bahasa asing gratis untuk para pegawainya. Maklum, tamu hotel sebagian besar adalah para bule, jadi setiap karyawan wajib memiliki skill yang tinggi dalam berbahasa asing. So, kelas bahasa asing gratis menantimu, guys!

5. Bisa menikmati liburan di saat yang lain kerja

Hal enak lainnya yang diberikan hotel kepadamu adalah libur di hari kerja. Disaat orang lain sibuk kerja kamu malah bisa ambil libur karena hari sibuknya adalah saat weekend.

6. Menginap di hotel dengan harga yang bersahabat

Kalau kamu bekerja di hotel, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menginap di hotel dengan harga yang lebih murah. Tentu saja pihak hotel akan memberikan harga promo khusus untuk karyawannya. Menyenangkan bukan?

 

7. Dan ....  Kesemua Itu Bisa Didapat Hanya Dengan Kuliah Manajemen Perhotelan

Yang lebih menyenangkan, semua fasilitas dan kemewahan tersebut bisa kamu dapatkan hanya dengan menyelesaikan kuliah jurusan manajemen perhotelan lho…  Paling penting pengalaman dan skill yang kamu miliki memadai sehingga pihak hotel layak untuk mempekerjakanmu.

Continue Reading
)

Rabu, 25 Desember 2019, dalam rangka mengisi liburan akhir tahun, mahasiswa Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta mengadakan acara untuk membuat salad buah bersama ibu dan anak – anak dari SD N Papringan 04 di Dusun Pacean (21/06), Papringan, Kaliwungu, Semarang dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dan mengisi hari libur anak dengan kegiatan yang positif.

Mahasiswa Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta memberikan pengetahuan mengenai manfaat buah serta memberi contoh bagaimana cara membuat salad buah kepada ibu dan anak – anak tersebut.
“Kegiatan ini sangat positive karena dapat menambah wawasan mengenai manfaat buah – buahan dan mempererat hubungan ibu dengan anak ”, ucap salah satu mahasiswa Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta.

Salah satu orang tua siswa yaitu Ibu Nur mengatakan bahwa “Kegiatan ini sangat bagus karena bermanfaat bagi ibu untuk menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi salad buah”. (Nisa)

Continue Reading
)
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan berbagai hal untuk menumbuh kembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Kemahasiswaan melakukan berbagai perubahan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berbasis web untuk pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa dan penambahan kategori baru. Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun pimpinan perguruan tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah perguruan tinggi yang berpartisipasi dan proporsal yang diunggah mahasiswa. Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015-2030. PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah merasuki nyaris di semua sendi kehidupan, oleh karena itu, mulai tahun 2019 diperkenalkan satu bidang baru PKM yaitu PKM-GFK atau PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif. Dengan hadirnya bidang PKM-GFK, maka pada Pedoman PKM 2018 memuat tiga kategori PKM, yakni: 1) PKM 5 Bidang; 2) PKM-KT dan 3) PKM-GFK. Untuk mempermudah pemahaman perbedaan bidang-bidang PKM yang ada, dan untuk meyesuaikan dengan kondisi lingkungan, Pedoman PKM 2018 disempurnakan menjadi Pedoman PKM 2020.  
Merujuk pada program kerja yang disusun oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta, tahun ini mentargetkan pengiriman minimal 15 proposal PKM dengan berbagai bidang dan kategori yang dibuat oleh mahasiswa. Selanjutnya untuk mensukseskan rencana tersebut, Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta telah menyelengarakan kegiatan workshop tentang penyusunan proposal PKM agar mahasiswa memiliki motivasi, dan gambaran serta mengetahui bagaimana cara agar tembus dan lolos sampai ke PIMNAS.
Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada hari selasa, 10 Desember 2019 di hall kampus Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta. Sebagai narasumber beliau Bapak Sudiro, S.T., M.Si sengaja didatangkan oleh panitia sebagai pakar yang sangat kompeten dan sangat lama menangani tugas sebagai reviewer dan konsultan PKM. Pada acara workshop tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai angkatan dan juga dosen pendamping. Acara ditutup dengan fotobersama dan pembagian sertifikat workshop.
 
 
Continue Reading
)

Mendengar kabar ada puting beliung yang menerpa SMK N 1 Miri, Sragen Jawa tengah pada tanggal 20 November 2019 yang mengakibatkan beberapa kurban yang di evakuasi pada hari itu sebanyak 22 Siswa, 9 siswa diantaranya bisa rawat jalan dan yang 13 siswa harus rawat inap.
Membuat instansi yang dibawah naungan Yayasan mandala bhakti merasa terketuk untuk memberikan Bantuan. Instansi tersebut adalah Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta, SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta dan SMK Kesehatan Citra nusantara Klaten melakukan penggalangan dana untuk diberikan ke SMK N 1 Miri Sragen. Adapun penggalangan dana ini dilakukan di lingkup Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta, SMK Kesehatan Mandala Bahkati Surakarta dan SMK Kesehatan Citra Nusantara Klaten dan telah terkumpul uang sebesar Rp. 5.000.000.


Hasil penggalangan dana tersebut diserahkan kepada sekolah SMK N 1 Miri pada hari Kamis, 27 November 2019. Kegiatan yang dilakukan itu dihadiri oleh perwakilan yayasan mandala bhakti yaitu ibu Siti Asri Mutmainah, S,Kom. Direktur AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta, Ibu erna wigati, S.Pd., M.Pd., kepala sekolah SMK Kesehatan Citra Nusantara Klaten, bapak Prianto, S.Kom dan kepala Sekolah SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta, Ibu Ifwa Mas’udah, S.Farm,Apt. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri perwakilan OSIS dari SMK Mandala Bhakti Surakarta dan Mahasiswa IKM Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta.
Tujuan kegiatan ini untuk lebih mengetuk hati siswa dan mahasiswa untuk lebih banyak bersyukur dan saling menjaga satu dengan yang lain karena hal yang tidak kita kehendaki, yang tidak dibayangkan bisa terjadi kalau sudah menjadi kuasa Tuhan Yang Maha Esa.

Continue Reading

AKPARTA Mandala Bhakti

Jl. Ki Mangunsarkoro No. 20, Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia