Berita

Akademi Pariwisata terkenal di kota Surakarta mengadakan wisuda ke -17 nya dengan sukses. Pada hari kamis tanggal 30 Agustus 2018 Akademi Pariwisata Mandala Bhakti Surakarta telah sukses mengadakan wisuda yang ke-17 di Hotel Adiwangsa Surakarta.

Acara dimulai dari pukul 08.00 - 12.30 WIB. untuk wisudawan terbaik Diploma 3 diraih atas nama Meylinda Rizky damayanti A.Md dan wisudawan terbaik Diploma 1 atas nama Dewi Rosalinda, A.P

)

Table Manner- Mahasiswa AKPARTA Mandala Bhakti kembali melaksanakan kegiatan table manner di Hotel D'Wangsa Hap Solo. Kegiatan ini diikuti sebanyak 37 mahasiswa secara aktif melaksanakan serangkaian kegiatan yang sudah di tentukan dengan baik.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa, karena kegiatan ini adalah bagian dari materi yang berhubungan dalam pembelajaran dikampus AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta.

 

Perlu diketahui di dalam kegiatan table manner, mahasiswa diajari tatacara dan bagaimana etika sebelum dan sesudah makan. Selain itu mahasiswa diajari tentang pengenalan alat-alat untuk makan beserta tata cara menggunakannnya.

 

Selanjutnya kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum’at 16 Oktober 2015, yang dimulai dari jam 09.00-11.30. Dengan 3 agenda utama yaitu, Showing Hotel, Cooking Class, dan Table Manner itu sendiri.

 

                Kegiatan ini terasa berbeda dan lebih menarik, karena mahasiswa dapat merasakan dan praktek secara langsung kegiatan table manner dihotel yang dipandu oleh manager hotel yang bernama bapak Joni. Sebelumnya dari pihak kampus sendiri dalam kegiatan tersebut mahasiswa didampingi oleh dosen dan staff karyawan.

 

                Tidak ada terlihat rasa canggung dan kaku antara mahasiswa dan instruktur, karena kegiatan tersebut  dikemas secara menarik dan terbuka, sehingga terasa sangat enjoy kegiatan tersebut untuk diikuti oleh mahasiswa.

Kemudian mahasiswa juga diperbolehkan secara langsung untuk bertanya apabila merasa belum faham dengan penjelasan dari instruktur. Sehingga kegiatan ini tidak monoton dan membosankan.  

 

Bagi yang belum tahu dan merasa penasaran apa itu showing hotel, Cooking Class dan Table Manner dengan lebih detail, kami persilahkan untuk berkujung dikampus tercinta kami dan belajar bersama kami. 

Continue Reading
)

Mahasiswa Mandala Bhakti Surakarta dengan penuh kegembiraan dan suka cita mengikuti kegiatan Outbond yang bertajuk bersih lingkungan. Kegiatan outbond yang biasanya di alam bebas dan terbuka kini dialihkan dengan suasana baru yang berbeda yaitu di area perhotelan di Hotel Horison (Gambir Anom). Dengan suasana yang baru diharapkan dapat memberikan kesan yang berbeda dan tentunya menarik untuk diikuti.

 

                Dalam rangkaian kegiatan outbond, berbagai permainan disajikan dengan kemasan yang menarik dan atraktif. Bentuk permainan tersebut seperti, Kapal Pecah, Hola- Hop, Galon Bocor, Merangkak ditanah dan lain sebagainya.

 

Kegiatan ini memiliki tema “Membangun Generasi Muda  Tangguh, Berkwalitas dan Peduli Lingkungan” Selanjutnya kegiatan ini berlansung selama dua hari terhitung dari tanggal 19-20 September  2015. Sebelum kegiatan outbond berlangsung, seluruh mahasiswa dan staff karyawan berpartisipasi aktif dan bahu-membahu dalam kegiatan bersih lingkungan di RW 07 kelurahan banyuanyar.

 

                Dalam kegiatan  bersih lingkungan tersebut, dihadiri pula oleh perangkat desa setempat dan juga masyarakat di lingkungan RW 07 Banyuanyar. Suasana keakraban terlihat hangat dan menarik antara masyarakat dengan mahasiswa ketika berkumpul dan berbicang-bincang bersama setelah kegiatan bersih lingkungan.

 

                Sebagai wujud peduli dengan kebersihan lingkungan, seluruh mahasiswa dalam waktu bersamaaan membagikan 100 tempat sampah dan alat kebersihan lainnya sperti sapu dan ikrak dengan harapan agar dapat membantu masyarakat dalam membersihkan lingkungannya dikemudian hari.

 

               

Maksud dan tujuan adanya kegiatan ini yaitu, ingin mencetak generasi muda yang berjiwa tangguh, berkwalitas dan memiliki rasa peduli lingkungan. Bagi mahasiswa kegiatan ini merupakan kegiatan yang memiliki kesan yang sangat medalam, penuh dengan tantangan dan perjuangan serta bernilai positif.

 

                Kabar baiknya seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, meskipun ada sedikit kendala namun Alhmdulilalhnya dapat teratasi dengan baik.

Continue Reading
)

 Nuansa Kemeriahan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut HUT RI ke-70 AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta sangat luar biasa  meriahnya. Terlihat para mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang ada. Kegiatan pertama diawali pada hari sabtu, 15 Agustus 2015 dengan  menyajikan berbagai lomba-lomba yang sangat menarik dan meriah diikuti. Lomba tersebut diantaranya seperti, lomba makan krupuk, lomba tiup balon, lomba memasak nasi goreng dan garnis, dan terakhir lomba rias kecantikan. 

       

        Dari sekian banyaknya lomba yang digelar, ada satu lomba yang sangat unik yang diikuti oleh mahasiswa. Dikatakan unik karena  bisa membuat suasana menjadi pecah karena gelak tawa para pendukung dari masing-masing kelompok. Mereka mentertawakan hasil rias kecantikan dari kelompoknya yang sangat lucu dan unik. Pasalnya salah satu syarat dalam lomba ini adalah dengan menutup mata perias  dengan kain, sehingga perias tidak bisa melihat wajah teman yang dirias, sehingga hasilnya dapat di bayangkan betapa lucu dan uniknya.

 


       Adapun tujuan utama dari berbagai kegiatan ini adalah untuk ikut andil dalam memeriahkan HUT RI yang ke-70.  Selain itu tujuan lainnya adalah untuk  memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar mahasiswa AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta. Kemudian setelah perlombaan selesai, dilanjutkan pada hari senin, 17 Agustus 2015 dengan melaksanakan Upacara Bendera yang diikuti oleh segenap mahasiswa, dosen dan karyawan. Sangat menggembirakan dan membanggakan sekali, karena upacara bendera dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

 

           Acara tidak selesai disitu saja, karena masih ada satu acara lagi yang tidak kalah penting dengan acara lainnya.  Acara tersebut adalah “DIESNATALIS AKPARTA MANDALA BHAKTI” Surakarta yang ke-20. Rangkaian panjang yang penuh tantangan dan rintangan dilalui sehingga sampai detik ini kampus tercinta ini masih eksis dan terus tumbuh dan berkembang sesuai visi, misi dan tujuan besar untuk menjadi kampus yang menghasilkan lulusan berkemampuan professional dibidang perhotelan yang bekualitas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

         Perlu diketahui dalam kiprahnya AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta saat ini banyak mengalami metamorphosis. Dari tahun-ketahun selalu dihiasi dan diisi dengan berbagai prestasi yang sangat membanggakan. Diusia yang kini tidak muda lagi, AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta selalu berusaha ingin memberikan yang terbaik dengan melakukan berbagai perbaikan disemua aspek, baik dalam aspek akademik, fasilitas dan lain sebagainya.

           
     Dalam acara DIES NATALIS tersebut, acara intinya adalah pemotongan tumpeng yang di wakili oleh Ketua Yayasan AKPARTA Mandala Bhakti yaitu Ibu Tri wahyu ningsih, S.E, M.M dalam sambutannya, beliau menghimbau kepada segenap mahasiswa agar tidak berhenti di tengah jalan dalam menempuh proses perkuliahan di kampus. Nanti rugi jika berhenti di tengah jalan paparnya. Kemudian dalam acara tersebut dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para kelompok mahasiswa yang telah menjadi pemenang dalam perlombaan yang telah diselenggarakan.

 

So,.. Endingnya adalah makan bersama dengan segenap civitas kampus AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta.

Terimakasih kepada Bapak/Ibu dosen dan karyawan beserta mahasiswa seluruhnya yang telah turut berpartisipasi aktif dalam membantu mensukseskan acara tersebut. Semoga Allah SWT menjadikan nilai amal kebaikan buat kita semua. Amin…

Continue Reading
)

Kepada Seluruh Civitas AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta,

Sehubungan dengan memperingati hari Raya Idul Adha, maka dengan ini diberitahukan bahwa:

  1. Pada hari rabu dan kamis, 23-24 September 2015, Perkuliahan di LIBURKAN.

Demikian pemberitahuan ini agar dapat menjadi perhatian.

Continue Reading
)

Pengumuman penerimaan mahasiswa baru AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta tahun 2014/2015.

Continue Reading
)

 

Solo Indonesia Culinary Festival 2014 sebagai salah satu kalender event tahunan Kota Solo guna mengembangkan potensi kuliner kota Solo baik kuliner khas tradisional maupun Internasional, wahana apresiasi, konservasi dan edukasi kuliner tradisional Kota Solo, mempertegas Kota Solo sebagai salah satu Kota Destinasi Pariwisata di Jawa Tengah. Culinary festival tahun 2014 ini diadakan di Solo, tepatnya di kawasan Benteng Vastenburg.

Continue Reading
)

 

Tanggal 29 Maret 2014, AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta kembali mengadakan seminar dengan 2 macam tema yaitu “POLA PIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRIBADI” dan “PERANAN SOFT SKILL DALAM MENUNJANG KESUKSESAN”.

Continue Reading

horison

 

Mahasiswa AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta mengikuti pelatihan table manner di Hotel Horison pada tanggal 10 Februari 2014. Pelatihan tersebut untuk mengenalkan mahasiawa tentang tata cara makan yang benar di acara resmi.

Continue Reading

seminar

 

Seminar dengan tema “PANGSA KERJA BAGI LULUSAN PROGRAM STUDI PARIWISATA DAN PERHOTELAN AKPARTA MANDALA BHAKTI SURAKARTA” diadakan di AKPARTA Mandala Bhakti Surakarta.

Continue Reading

table manner

 

Untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, Akparta Mandala Bhakti mengadakan Table Manner di Novotel Hotel Solo.

Continue Reading